Categories

Contact Person

">

Thursday 21 March 2013

Tips Jual Beli Online


Siapa yang tidak kenal dengan FJB Kaskus, tokobagus atau berniaga.com. Yups, semakin majunya teknologi semakin banyak pula orang yang melakukan transaksi jual beli online untuk memudahkan keperluan kita. Begitu juga sebaliknya, akan membuat banyaknya penipuan yang di lakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. semakin maraknya penipuan jual beli online membuat kita harus semakin berhati - hati dalam melakukan transaksi. Ada baiknya kita selalu waspada karena siapa saja bisa jadi korban jual beli online.
Berikut ada beberapa tips sebalum anda membeli barang secara online
1. Pastikan bahwa barang yang Anda beli adalah barang yang Anda butuhkan.
2. Jika Anda tinggal di kota besar sebaiknya Anda coba cari barang yang Anda butuhkan di toko-toko yang Anda percayai mengingat ketika membeli online ada biaya pengiriman yang akan menambah harga pembelian.
4. Jika Anda membeli barang melalui forum, sebaiknya akan lebih aman kalau menggunakan metode COD (Cash On Delivery), sehingga Anda bisa tahu kondisi barang dan penjualnya.
5. Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga barang dengan yang lain
6. Ketika melakukan transfer pastikan nomor rekening tujuan dan jumlah nominal uang tertulis dengan benar.
7. Sebaiknya belanja online dilakukan di hari senin atau selasa karena bisa lebih cepat dan tidak terpotong hari libur akhir pekan.
8. Ketika menerima paketan barang, pastikan Anda cek dulu sebelum kurir pergi, karena jika ada kerusakan atau pesanan yang tidak sesuai Anda bisa melakukan penulisan berita acara terkait hal tersebut dan mengirimkannya ke toko dimana Anda membeli barang (khususnya untuk barang elektronik)
9. Jangan terlalu mudah percaya Barang dengan Harga Terlalu Miring (Murah)
Kalo anda menemukan pedagang yang menjual barangnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga standar (normal) barang tersebut di pasaran, ada kemungkinan mereka adalah penipu. Biasanya mereka berdalih bahwa barang yang mereka jual adalah barang BM (Black Market). Jangan langsung percaya, ada baiknya anda pikir-pikir dulu untuk bertransaksi dengan pedagang semacam ini.
10. Bertransaksilah Dengan Penjual yang Pernah Bertransaksi dengan Orang yang Anda Kenal
Lebih baik membeli barang di penjual yang sudah terbukti jujur bukan? Jadi, sebaiknya anda mencari referensi dulu dari rekan rekan anda, dimana mereka pernah membeli barang yang sejenis dengan barang yang sedang anda cari. 
11.Amati Berapa Lama Ia Bergabung dalam Forum, Bagaimana Reputasinya, dan Bagaimana Testimonial (Kesaksian) Orang-orang yang pernah bertransaksi dengan Si PenjualMeskipun ini bukan syarat mutlak, namun lama bergabungnya seseorang dalam suatu forum seperti kaskus jual beli, Facebook, atau forumjualbeli lainnya bisa dijadikan alasan apakah anda patut mempercayai si penjual. Selanjutnya perhatikan juga bagaimana testimonial orang-orang yang pernah bertransaksi dengannya. Semakin banyak dan semakin positif testimonial yang diberikan orang, makin baik pula layanan yang ia berikan selama ini.
Selamat Berbelanja online dan jangan lupa untuk selalu waspada.

0 comments:

Post a Comment